PJ Wali Kota Bima Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024 dalam Apel Mantap Praja Rinjani

  • DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK
  • Jum'at, 23 Agustus 2024

Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024, Penjabat (PJ) Wali Kota Bima, Drs. H. Mukhtar MH, menghadiri apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani yang digelar di Lapangan Pelabuhan Bima, Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K, S.H., Jum'at 23 Agustus 2024.

Operasi Mantap Praja Rinjani merupakan inisiatif strategis yang dirancang untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kota Bima berjalan aman, tertib, dan lancar. Acara ini juga menandai kesiapan seluruh unsur TNI, Polri, serta instansi terkait dalam mengawal jalannya pesta demokrasi yang akan digelar di Kota Bima dan serentak di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Kapolres Bima Kota menegaskan pentingnya disiplin dan integritas dalam menjalankan tugas. "Netralitas aparat keamanan adalah kunci dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi. Saya harap seluruh personel dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme," ujarnya.

Pilkada serentak tahun 2024 adalah suatu pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan Demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa, hal ini sebagaimana yang di sampaikan oleh presiden Joko Widodo.

"Oleh sebab itu guna mengamankan pilkada serentak 2024 maka institusi Polri dalam hal ini yang di dukung penuh baik dari TNI, Kementrian Lembaga, Instansi terkait, dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Praja Rinjani-2024, operasi ini dilaksanakan selama 131 hari, guna mengamankan seluruh rangkaian tahapan pilkada serentak tahun 2024 di Kota Bima," tandas AKBP Yudha Pranata.

Sebagai dukungan terhadap operasi Mantap Praja Rinjani, Polri juga menggelar operasi Gatari Praja-2024 untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa di atas kepentingan kelompok, guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda fire house of falsehood dan black campaic di lengkapi dengan satgas anti money politic dan satgas pilkada serentak damai.

PJ Wali Kota Bima, Drs. H. Mukhtar MH, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan Polres Bima Kota dan semua pihak yang terlibat. Ia juga mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kondusivitas daerah selama Pilkada berlangsung.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh berbagai elemen penting, termasuk TNI, Satpol PP, dan perwakilan dari berbagai lembaga pemerintahan yang turut serta dalam operasi pengamanan ini.

Selain itu, PJ Wali Kota Bima dalam keterangannya menekankan pentingnya sinergi antar lembaga dalam menciptakan suasana yang kondusif. "Kerja sama antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat adalah fondasi utama untuk menjaga stabilitas selama Pilkada. Dengan persiapan yang matang, kita optimis Pilkada Serentak 2024 di Kota Bima akan berlangsung dengan sukses," ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, Kota Bima menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung. Semua pihak diharapkan dapat menjaga semangat kebersamaan ini hingga seluruh tahapan Pilkada selesai, demi terwujudnya pemilu yang jujur, adil, dan demokratis di Kota Bima.

Berita Terbaru OPD

PJ Walikota Bima Melakukan Audiensi dan Silaturahmi dengan Serikat Tani Nelayan Kota Bima

Sukses Tekan Stunting, Pemkot Bima Terima Dana Rp. 5,5 Miliar

Pj. Sekda Kota Bima Hadiri Rakor Aplikasi Srikandi